Rabu, 24 Agustus 2011

i'tikaf di Sultan Haji Ahmad Shah Mosque | International Islamic University Malaysia


Bismillah….. Ramadhan sudah hampir mengakhiri hari-harinya di 1432 Hijrah kali ini. Menjelang akhir Ramadhan seperti ini, manusia biasanya terbagi menjadi dua golongan dengan kesibukannya masing-masing. Ada yg sibuk memperbanyak ibadahnya di hari2 terakhir Ramadhan contonya dengan melakukan I’tikaf di Masjid, ada juga yang sibuk dengan berbelanja mempersiapkan hari Raya ‘Idul Fitri. Padahal di penghujung Ramadhan terdapat banyak sekali keutamaan yang tidak kita dapati pada bulan-bulan yang lain.

Seperti biasanya di sepuluh terakhir Ramadhan ini, selepas Shalat subuh saya dan jama’ah lainnya manyibukkan diri membaca Al Qur’an ada juga yang berdzikir pagi hari (Ma’tsurat). Ketika sedang membaca Al Qur’an saya terusik dengan suara bacaan Al Qur’an dari lantai 3 dan 4 Masjid.

Namun setelah di cermati dengan seksama ternyata itu adalah suara anak-anak yg sedang membaca Al Qur’an. Ya…itu adalah suara anak-anak yang sedang mengaji. Mereka berlomba2 untuk mengkhatamkan bacaan Al Qur’an mereka di Bulan Suci Ramadhan ini.



Oh iya… ternyata mereka semua adalah peserta I’tikaf juga lho… Suasana yang jarang terlihat pada banyak tempat. Ya tidak ramai di zaman sekarang ini orang tua yang mengajak anaknya untuk I’tikaf di Masjid atau Sekolah yang mengadakan program I’tikaf untuk siswa-siswinya. Namun di Masjid Sultan Haji Ahmad Shah IIUM kita bisa melihat semua itu. Ya.. kumpulan dari orang tua sampai kanak-kanak yangg ikut memakmurkan Masjid dan memanfaatkan hari2 terkhir Ramadhan 1432 H.

Ramai juga lho orang dari luar daerah Gombak Selangor yang sengaja datang untuk I’tikaf di Masjid ini. Satu yang lain dari I’tikaf di Masjid ini adalah kita bisa berkumpul dengan saudara-saudara Muslim bukan dari Bangsa Melayu saja tapi dari berbagai Negara.

Selain karena mereka adalah Student asing yg tidak pulang ke Negara asal mereka, banyak juga warga asing yg bukan student tapi sengaja datang untuk i’tikaf di masjid ini. Memang benar kata sebagaian kawan, bahwa Masjid SHAS IIUM akan menyimpan kerinduan tersendiri. Tak sedikit dari pelajar asing yang rindu pada Masjid SHAS IIUM ketika mereka sudah pulang ke Negara asal mereka. Itu saja yg dapat saya sharing pada kawan-kawan di pagi yang indah ini. Semoga ada manfaatnya…


Jom kawan2 kita ramaikan Masjid dg I’tikaf pada penghujung Ramadhan 1432H kali ini.

Mungkin ini adalah ramadhan yang terkhir untukku dan untukmu.

Wassalam. IIUM Mosque 25/8/2011.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment

Linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...